Perayaan Akhir Tema atau biasa disebut PAT selalu diadakan di setiap akhir tema pembelajaran SDIT At Taqwa 2 Surabya. Awalnya, PAT selalu dilaksanakan dengan meriah dan dilaksanakan di sekolah. Kali ini, PAT memiliki cara tersendiri dan unik untuk tetap dilakukan meskipun tidak bisa terlaksana secara tatap muka di sekolah karena pandemi. Perayaan Akhir Tema Environment SDIT At Taqwa 2 Surabaya kali ini berlangsung dengan sukses dan penuh haru.

Mengusung tema “Aksi Peduli di Tengah Pandemi”, kami para Ustadz/h mengajak siswa-siswi untuk bergerak, menumbuhkan jiwa cinta terhadap alam dan peka terhadap lingkungan sosial. Perlu di garis bawahi bahwa Environment yang berarti lingkungan, tidak hanya berkisar pada lingkungan alam, namun lingkungan sosial juga termasuk di dalamnya. Di PAT Environment kali ini, terdapat dua kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak di rumah. Kegiatan tersebut adalah “menghias botol bekas” dan “aksi berbagi terhadap sesama”.

Jumat lalu, (16/10), kegiatan PAT yang diketuai oleh Ustadzah Erika diawali dengan pembukaan, diikuti oleh seluruh siswa dan Ustadz-ustadzah melalui Zoom Meeting. Tidak lupa, Ustadz Johan (Kepala SDIT At Taqwa 2 Surabaya) berpesan kepada seluruh siswa-siswi untuk terus bersyukur atas nikmat sehat yang masih bisa dirasakan di masa pandemi ini. Di kegiatan pembukaan, anak-anak memperoleh penjelasan terkait kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari itu. Pertama, kegiatan menghias botol bekas. Anak-anak menyiapkan botol bekas tidak terpakai dan bahan-bahan tidak terpakai lainnya untuk menghias botol tersebut. Adapun bahan untuk menghias yaitu kertas bekas, daun kering, cat, dan masih banyak lagi. Kegiatan ini bertujuan mengajak anak-anak untuk memanfaatkan barang-barang tidak terpakai menjadi sebuah karya menarik dan bisa difungsikan.

Kegiatan menghias botol bekas dilaksanakan pada saat zoom berlangsung dengan durasi waktu 30 menit. Anak-anak begitu antusias dan bersemangat dalam pembuatan. Hal tersebut terlihat dari hasil kreasi anak-anak yang beragam dan unik. Dari kegiatan tersebut diambil dua juara masing-masing kelas. Juara 1 Kelas 1A diraih oleh Kenzie Aditya Yuniardhi, Kelas 1B diraih oleh Rizky Narendra Vidiansyah Putra, dan Kelas 1C diraih oleh Inaya Thalita Azhara. Sedangkan Kelas 2A diraih oleh Abdul Ghafur, Kelas 2B diraih oleh Assyabiya Nayla Afiqah, dan Kelas 2C diraih oleh

Dirga Atharizsyah.

Usai pelaksanaan lomba menghias botol bekas, siswa-siswi diarahkan melanjutkan kegiatan “aksi berbagi”. Aksi berbagi dilaksanakan di sekitar rumah siswa. Siswa kelas 1 diajak berbagi kepada sesama dengan ketentuan memberikan minimal satu kotak makanan atau kue. Sedangkan kelas 2 membagikan tasyura (tabungan syurga) dari celengan yang dibuat bersama-sama saat pembelajaran. Kegiatan ini berlangsung penuh antusias, penuh haru, baik dari siswa maupun orang tua. Siswa diajak terjun langsung melihat sekitar, bersyukur atas apa yang masih dimiliki melalui kegiatan berbagi. Meskipun kegiatan ini tidak berlangsung di sekolah seperti biasanya, namun esensi dari PAT Environment tetap tersampaikan.

By Mihda Naba

AKSI PEDULI DI TENGAH PANDEMI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *