Tema ourselves merupakan tema pertama di dalam rangkaian tema satu tahun di SDIT  At Taqwa 2 Suarabaya. Tema ini bertujuan untuk mengajak siswa bisa mengatur diri, mengetahui siapa diri kita sebagai individu. Alhamdulillah, Siswa-siswa sudah melalui pembelajaran pada tema ourselves ini kurang lebih 6 pekan. Pada akhir pekan tiap temanya siswa-siswa SDIT At Taqwa 2 melakukan perayaan akhir tema (PAT).

“Kenali diri, raihlah mimpi” merupakan tema dari perayaan akhir tema ourselves di Stada tahun ini. Bertepatan pada tanggal 3 September 2021 di tahun ke tiga perayaan ini kami mengajak anak-anak unuk lebih mengenal dirinya. Kegiatan dikemas dalam bentuk workshop dan membuat karya.

“Sejak lahir kita diberi bakat, ketrampilan, potensi dan kemampuan yang diberikan Allah SWT” motivasi awal yang disampaikan oleh pembicara workshop Ustadzah Ira Sumedi. Itulah bakat yaitu suatu potensi yang kita bawa sejak lahir. Namun bakat ini bisa ditemukan dalam rangkaian yang Panjang. Butuh melalui proses untuk mengetahui bakat seseorang. Selain bakat ada juga istilah minat. Minat adalah sesuatu yang diinginkan untuk raih. Cita-cita termasuk dalam kategori minat.

Workshop disi dengan dialog interaktif  antara ustadzah Ira bersama siswa-siswa Stada dari kelas 1-3. Dialog interaktif ini dikemas dengan menanyakan cita-cita beberapa siswa. Alhamdulillah Naurah, Dhanish, Atha dan  Chalwa berani memberitahukan cita-citanya dan alasan memilih cita-cita tersebut. Tidak hanya sampai disitu, setelah mengetahui cita-cita yang ingin diraih, siswa-siswa Stada kelas 1-3 diajak untuk membuat perencanaan meraih cita-citanya. Ustadzah Ira mengingatkan juga kepada siswa-siswa untuk meminta doa dari ayah dan bunda, rajin belajar, rajin beribadah dan berbakti kepada kedua orang tua. Selanjutnya agar cita-cita terwujud anak-anak sangat butuk ketelibatan ayah bunda untuk mengontrol perencanaan aktifitas meraih cita-cita tersebut.

Selain itu siswa-siswa stada juga diajak untuk mencari tahu dan menggali informasi tentang aktifitas dari cita-cita tersebut. Tujuannya anak-anak tahu apa yang dilakukan kelak dari profesi yang diinginkan.

Apakah minat ini bisa berubah? Bisa, perubahan minta sesuai  dengan dengan usia dan pengalaman yang dimiliki masing-masing anak.

Setelah anak-anak memahami minat masing-masing, dilanjutkan dengan berkreasi membuat karya pop up card cita-cita. Alhamdulillah anak-anak mampu berkreasi dengan kreatif.

Rangkaian kegiatan PAT Ourselves ditutup dengan pengumuman the best student.  Tiap tema selalu ada pemilihan the best student. Kriteria the best student pada tema ini adalah  Jumlah seluruh nilai UAT, kedisiplinan mengikuti pembelajaran, kedisiplinan mengumpulkan tugas, ketuntasan hafalan juz 30 dan reward smile. Pada tema ourselves ini the best student diraih oleh anak-anak hebat berikut.

KelasSiswa the best student
1AAbil Hasan Asy Sadzili
1BShaquinna Balqis Khansa Q.
2ADuscha Nafiza D.
2BYasmine Tsuraya S.
2CMuchamad Raditya Pasga
3ANaurah Azzahra Ramadhani K.
3BRisky Zhafira Putri I.
3CGladys Novaryza A.

Selamat untuk yang menjadi best student tema ourselves. Semangat untuk siswa-siwa dan lakukan yang terbaik. Alhamdulillah rangkaian Perayaan Akhir Tema Ourselves diikuti dengan penuh antusias. Sampai jumpa di Perayaan Akhir Tema berikutnya. Stada jaya! Jaya! jaya!.

Perayaan Akhir Tema Ourselves, “Kenali Diri,, Raihlah Mimpi”