َنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ أَوْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Siapa saja yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan pengaruhnya, maka sambunglah tali persaudaraan” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Keluarga besar SDIT AT-TAQWA 2 Surabaya menggelar halal bihalal secara virtual dengan mengangkat tema “Rayakan kemenangan dengan memaafkan, tetap bersilaturrahim meskipun pandemi”. Kegiatan halal bihalal ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan diikuti oleh seluruh warga SDIT AT-TAQWA 2 baik guru maupun siswa pada hari Senin, 24 Mei 2021.

Halal bihalal ini disajikan dalam berbagai aktivitas yang tentunya menarik minat siswa dalam mengikuti kegiatan halal bihalal. Seperti, membuat kreasi kartu ucapan lebaran, makan kue lebaran bersama dan menonton film pendek tentang lebaran bersama-sama. Sebelum aktivitas tersebut dilaksanakan, tak lupa Ustadz Johan Eka Wardhana, S.Pd. selaku Kepala Sekolah menyampaikan beberapa kalimat. Salah satu pesan beliau adalah, Sillaturrahim harus tetap terjaga meskipun di situasi pandemi covid 19 seperti saat ini. Silaturrahim tetap bisa dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan seperti yang dilakukan siswa-siswi dan assatidz/ah SDIT AT-TAQWA 2 saat ini.

Para siswa sangat bersemangat dalam mengikuti aktivitas diatas, terutama di hari pertama sekolah setelah libur idul fitri selama kurang lebih dua pekan. Dalam membuat kreasi kartu ucapan lebaran, para siswa diberi kebebasan untuk memilih bahan yang akan digunakan untuk membuat kartu ucapan. Ada yang menggunakan kertas origami, kertas karton bahkan ada yang menggunakan kardus bekas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak-anak dalam memadupadankan bahan dan juga warna. Membuat kartu ucapan dilakukan secara live zoom meeting, mulai dari awal pembuatan hingga akhir. Di akhir acara, para siswa diminta untuk mengunggah hasil karyanya di akun instagram masing-masing guna mengabadikan moment.

Setelah membuat kartu ucapan, para siswa dan juga seluruh assatidz/ah makan kue lebaran bersama-sama. Aktivitas ini dilakukan supaya anak-anak tetap merasakan suasana idul fitri bersama keluarga di sekolah. Tak lupa Ustadz/ah memberikan motivasi dan arahan adab makan sesuai ajaran Nabi, kepada para siswa.

Tiba di penghujung acara, yaitu menonton film pendek berupa kartun animasi islami mengenai idul fitri. Animasi islami dipilih supaya para siswa tidak bosan namun tetap ada ilmu pengetahuan baru yang bisa didapatkan melalui hiburan tersebut. Setelah menonton, tak lupa Ustadz/ah memberi penguatan kembali mengenai isi film tersebut. Acara ditutup dengan do’a bersama dan dipimpin oleh Ustadzah Indah.

HALAL BI HALAL SDIT AT TAQWA 2 SURABAYA 2021