“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (QS. Al-Baqarah: 183)

Bulan Ramadhan adalah bulan paling mulia dengan segala keistimewaan yang ada padanya. Di dalam bulan ini, Allah SWT menjadikan banyak sekali momen-momen istimewa yang merupakan kesempatan beramal shalih paling menguntungkan sehingga menjadi ajang umat muslim berlomba-lomba dalam memperbanyak ibadah dan menebar kebaikan.

Dalam mengisi bulan Ramadhan, SDIT AT-TAQWA 2 Surabaya memanfaatkan moment setahun sekali ini dengan mengadakan Pondok Ramadhan untuk mengajak anak-anak ikut menghidupkan dan menyamarakan kegiatan Ramadhan. Walaupun Ramadhan tahun ini berbeda karena Pondok Ramadhan via Zoom Online namun hal ini tidak menyurutkan antusiasme anak-anak dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Sambutan Kepala Sekolah di Pondok Ramadhan 1442 H

Kegiatan pondok Ramadhan dilaksanakan mulai tanggal 3-6 mei 2021 dengan berbagai lomba, antara lain yaitu lomba Kid Muslim Show, lomba hafalan juz 30 dan  lomba poster Ramadhan serta lomba ranking 1. Kemudian ditambah dengan pengenalan makanan sehat di bulan Ramadhan dan Doorprize lalu tak lupa praktek sholat idul fitri sebagai penutup rangkaian pondok Ramadhan.

Kids Moeslem Show

Pemilihan pemenang dalam masing-masing lomba mempunyai kriteria penilaian yang berbeda. Misalnya dalam lomba kid muslim show, aspek yang dinilai adalah busana, ekspresi, keberanian, dan komunikatif. Dan dari proses penilaian dari juri lomba kid muslim show yakni ustadzah Bella dan ustadzah Laili diperoleh pemenang untuk lomba kid muslim show.

NoLomba Kid Muslim ShowKelas
1YASMINE1 A
2ZADA1 C
3ALZENA2 A
4YUSUF2 B
Lomba Tahfidz Juz 30

Kemudian dalam lomba hafalan juz 30, kriteria penilaian yang dipakai adalah tajwid, fashohah, dan kelancaran. Dari proses penilaian dari juri lomba hafalan juz 30 yakni ustadzah Mardiyah dan ustadz Johan didapatkan juara untuk lomba hafalan juz 30

JuaraLomba Hafalan Juz 30Kelas
1SYIFA1 A
2CHALWA1 B
3AZKA1 C
1NAURAH2 C
2RAFI2 C
3AZKA H2 B
Lomba Poster di Pondok Ramadhan

Selanjutnya lomba poster Ramadhan, kriteria penilaian yang dipakai adalah ketepatan waktu, kesesuaian tema, keindahan, dan kerapian. Dari proses penilaian dari juri lomba poster yakni ustadzah Elisa dan ustadz Fajar didapatkan juara untuk lomba poster

NoLomba PosterKelas
1LALA1 A
2DELISHA1 B
3ABRAHAM1 C
4CANTIKA2 A
5KHISBULLAH2 B
6ALKA2 C

Dan lomba yang terakhir yaitu lomba ranking 1, dengan kriteria penilaiannya antara lain adalah kesesuaian jawaban dan menjawab tepat waktu. Dari proses penilaian dari juri lomba ranking 1 yakni ustadzah Virna, ustadzah Leny, ustadz Febry, ustadz Anton didapatkan juara lomba ranking 1

JuaraLomba Ranking 1Kelas
1ARYA1 B
1ATHAR2 A

Selanjutnya kegiatan pondok Ramadhan ditutup dengan pengantar Sholat Ied bersama ustadz Johan dan praktek Sholat Ied bersama ustadz Afif dengan tujuan mengenalkan anak-anak tentang tata cara Sholat Ied yang baik dan benar.

Acara demi acara telah dilalui dengan lancar dan sangat berkesan bagi anak-anak pada khususnya. Pandemi covid 19 masih melanda tapi bukan jadi alasan untuk bemalas-malasan. Semoga dengan ikhtiar dan do’a kita bersama, pandemi covid 19 segera berkurang dengan harapan kegiatan Pondok Ramadhan tahun depan dapat diadakan secara offline.

Berkah Ramadhan, Sehatkan Badan