Wahai Pahlawan Sejati

Andai kau mengerti bangsa ini

Mungkin senyumu akan menjadi tangismu

Mungkin tawamu akan menjadi sedihmu

Wahai pahlawanku maafkan kami,

Maafkan kami yang tak bisa memperbaiki Negara yang merana ini

Tapi kami akan berjanji padamu

Merebut kembali kemerdekaan yang hakiki

Perjuanganmu dulu menjadikan bangsa ini

Yang bermartabat

Yang sejahtera abadi selamanya

Di saat ini hingga nanti

Karya: Gladys Novaryza Abrianto (Kelas 2B)

Puisi indah yang dipersembahkan oleh salah satu siswa SD Islam Terpadu At Taqwa 2 Surabaya di perayaan Hari Pahlawan dan Hari Guru 25 November 2020.

Hari demi hari berganti, kini saat yang dinanti-nanti para guru telah tiba. Hari dimana kita semua mengenang jasa-jasa guru yang sudah membimbing kita terutama di sekolah. Peran guru dalam sejarah dan kemajuan bangsa Indonesia sangatlah menentukan. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini hingga pendidikan menengah. Di masa pandemi covid-19, guru-guru STADA tetap giat dan aktif mencari solusi terbaik demi berlangsungnya pembelajaran. Setiap hari guru-guru STADA telah melaksanakan pembelajaran daring baik di bidang akademik maupun mengaji. Ini merupakan bentuk ikhtiar maksimal kita sebagai guru yang profesional.

Twibbon Siswa SD AT TAQWA 2 di Hari Guru

Perayaan Hari Pahlawan dan Hari Guru tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana kita biasanya merayakan secara langsung, kini kita merayakannya dengan Virtual Zoom Meeting. Meskipun terhalang oleh jarak dan hanya melihat pada layar Hp atau laptop tidak mengurangi kekhidmatan acara kali ini. Diikuti oleh seluruh siswa STADA dengan antusiasmenya memakai baju pahlawan, membuat acara Hari Pahlawan dan Hari Guru di masa pandemi ini semakin hidup.

Pembawa acara saat Peringatan Hari Guru dan Pahlawan

Dibawakan oleh MC unik yakni guru-guru kreatif STADA Ustadz Ugik dan Ustadzah Laili membuat perayaan virtual semakin asik dan seru. Satu persatu perwakilan siswa kelas 2 menunjukkan kebolehannya.

  • Kelas 2 A : Membaca Pantun oleh ananda “Rizky Zhafira Putri Indira”
  • Kelas 2 B : Membaca Puisi oleh ananda “Gladys Novaryza Abrianto”
  • Kelas 2 C : Video Ucapan untuk Guru oleh ananda “Dhanish Surya Fachryzal”

Berada di jenjang kelas rendah tidak menjadi keterbatasan kreatifitas shalih-shalihah STADA. Guru-guru dibuat takjub oleh persembahan mereka yang sangat luar biasa. Semoga nantinya siswa-siswi STADA menjadi generasi yang beraqidah mantab, berakhlak mulia, dan berprestasi optimal.

Salah satu potret Teacher Awards di Perayaan Hari Pahlawan dan Hari Guru

Sesi demi sesi dalam perayaan virtual telah terlaksana. Tibalah pada sesi acara “Teacher Awards”. Ustadz Johan selaku Kepala Sekolah memberikan apresiasi kepada setiap guru-guru STADA yang dengan semangatnya, keuletannya, ketekunan, kesabaran, kreatif inovatif, kedisiplinan dan ketelatenannya dalam membimbing siswa-siswi.

Apresiasi dari Guru ke Kepala Sekolah

Tak lupa juga kami ucapkan terimakasih untuk guru kami, kepala sekolah kami, seorang motivator, bagaikan angin sejuk yang mengayomi dengan kecerdasan dan kebijaksanaan yakni Ustadz Johan. Mungkin tanpa beliau STADA tidak bisa sekuat dan sekompak ini. Bersama-sama untuk saling menguatkan.

Tibalah kita di penghujung acara ditutup oleh persembahan yang menyentuh hati dari siswa-siswi kelas 1 ABC menyanyikan lagu “Guruku Tersayang” membuat acara semakin terasa berkesan. Dua jam tak terasa telah berlangsung, perayaan virtual Hari Pahlawan dan Hari Guru ke 75 telah usai. Acara berjalan lancar dengan operator dadakn oleh guru-guru STADA yang sangat kreatif dan melek IT.

Di balik layar pengambilan video Hari Guru dan Pahlawan

Bunga melati ada tujuh

Jatuh satu disamping batu

Terimakasih guruku

Lelahmu jadi ilmu untukku

Karya : Rizky Zhafira Putri Indira (Kelas 2A)

Tim guru SD At Taqwa 2 Surabaya

“Karena guru, kita tahu banyak ilmu. Karena guru, lahir generasi yang bermutu. Siapapun dirimu, tetaplah berbagi ilmu dan menjadi inspirasi untuk bangsa dan negerimu”

Selamat Hari Pahlawan dan Hari Guru Nasional ke 75.

Guruku Pahlawan Sepanjang Masa