Semakin meningkatkan jumlah orang terdeteksi positif Covid-19 serta meluasnya pandemi mengharuskan SD Islam Terpadu At Taqwa 2 menyelenggaraan pendidikan dilakukan dari rumah guna menahan laju penularan wabah virus corona. Dengan ditetapkannya kebijakan belajar dari rumah atau Study From Home (SFH), maka tak hanya berdampak pada perubahan lokasi kegiatan belajar mengajar saja, namun juga terhadap ketentuan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) sebagai penentu kenaikan kelas. Pendidikan menjadi aspek penting dalam keberlanjutan sebuah negara. Semakin baik sistem pendidikan maka semakin berkualitas juga generasi akan dilahirkan. Terlebih saat ini teknologi dianggap dapat membantu dan memaksimalkan proses belajar mengajar dalam masa darurat Covid-19.

Pada tahun pertama sekolah ini melaksanakan PAS Genap dengan kondisi di tengah-tengan Pandemi Covid-19 ini tidak menyurutkan guru-guru SD Islam Terpadu At Taqwa 2 Surabaya untuk melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Semester Genap 2020. Dimana SD At Taqwa 2 Surabaya ini masih terdiri dari 3 kelas yaitu kelas 1A, 1B dan 1C dengan jumlah keseluruhan 67 siswa, memudahkan koordinasi dan pengkondisian dalam pelaksanaannya, PAS Genap 2020 dilaksanakan dengan sistem online yang dilakukan di rumah masing-masing. Adapun teknis pelaksanaan PAS 2020-2021 adalah sebagai berikut:

  1. Para siswa sebelum mengerjakan terlebih dahulu berdoa dan halaqoh
  2. Setiap siswa diharuskan mempunyai akun gmail untuk bisa mengakses soal-soal di Google Classroom yang telah disiapkan oleh guru-guru/panitia PAS dan siswa bisa langsung mengerjakan, setelah selesai mengerjakan langsung klik submit.
  3. Para siswa bisa menggunakan Laptop / Smartphone.
  4. Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Genap 2020-2021 dilaksanakan selama empat hari yaitu Hari Senin dengan jadwal ( Tema Interpreneurship dan bahasa Inggris), Selasa ( Tema Changing dan bahasa Arab) hari Rabu ( Tema Manage the World dan bahasa Jawa ) dan hari Kamis dengan jadwal (PAIdB), pelaksanaan dibagi Menjadi tiga sesi yaitu sesi Waktu Pagi (08.00 – 10.00), sesi waktu Sore (15.00 – 17.00) dan sesi waktu Malam (19.00 – 21.00).

Alhamdulillah hari pertama berjalan dengan lancar dan baik meskipun ada sedikit kendala namun bisa terselesaikan dalam pelaksanaan PAS Semester Genap 2020-2021, semoga hari berikutnya akan berjalan lebih baik lagi.

PAS Online di Era Pandemi Covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *